Masalah tidak bisa mengisi daya iPhone sering dihadapi oleh banyak pengguna. Salah satu penyebabnya adalah charger yang biasanya tidak mau mengalirkan arus. Lantas bagaimana cara mengatasi charger iPhone yang tidak memakan daya?

Dikutip dari situs resminya, Apple memberikan sejumlah alasan mengapa saat mengisi daya ada kemungkinan perangkat menjadi lebih panas akibat adanya perpindahan energi listrik. Untuk memperpanjang masa pakai baterai dan mencegah kepanasan, sumber daya pengisian daya dibatasi hingga 80 persen.

Cara Mengatasi Charger iPhone Tidak Mau Di Charge

Masalah pengisi daya iPhone benar-benar dapat mengganggu pengguna. Pengisi daya yang terkadang tidak dapat dicolokkan dapat menghambat pengisian daya atau ada masalah lain yang terkait dengan kualitas pengisi daya. Berikut adalah beberapa tip penanganan pengisi daya iPhone sehingga Anda dapat mengisi daya iPhone dengan aman.

  1. Mulai ulang iPhone

Restart smartphone berfungsi untuk memperbaiki error atau bug. Selain itu, reboot juga menghapus recycle bin dan file-file sementara yang dapat menyebabkan sistem kembali normal. Prosedur untuk me-restart iPhone untuk setiap jenis adalah sebagai berikut.

  • Di iPhone 6s atau lebih lama, iPhone SE generasi ke-1 dan iPod Touch generasi ke-6 atau lebih lama: Tekan dan tahan tombol atas (atau samping) bersama dengan tombol beranda hingga logo Apple muncul di layar.
  • Pemilik iPhone 7, iPhone 7 Plus, atau iPod Touch generasi ke-7 dapat mencoba menahan tombol samping (atas) bersamaan dengan tombol volume bawah hingga muncul logo Apple.
  • Di iPhone 8 atau lebih baru dan iPhone SE generasi ke-2, Anda dapat menekan dan melepaskan tombol turun dengan cepat. Kemudian tekan tombol samping selama beberapa detik hingga Anda melihat logo Apple di layar.
  1. Tutup aplikasi saat iPhone sedang diisi

Berurusan dengan pengisi daya yang tidak akan memberi daya pada iPhone berikutnya dengan berhenti menggunakan aplikasi saat mengisi daya. Sebagai pengguna, cobalah untuk tidak menggunakan perangkat apa pun saat baterai sedang diisi. Alasannya adalah perangkat keras bekerja ekstra dan diikuti oleh suhu yang terus meningkat. Jika kebiasaan ini berlanjut, masa pakai baterai bisa berkurang.

  1. Pastikan pengisi daya asli

Selain menggunakan kabel charger original pabrikan resmi, pengguna sebenarnya bisa memilih kabel charger merk lain asalkan aksesori tersebut sudah mendapatkan sertifikat dari Apple. Jika daya pengisi daya terlalu rendah atau tidak memenuhi persyaratan, pengisian daya akan lebih lama. Sementara output (tegangan) di atas batas daya dapat merusak perangkat.

  1. Gunakan stopkontak listrik

Menancapkan charger ke stopkontak merupakan salah satu cara mengatasi charger iPhone agar berjalan normal. Memasang stopkontak yang bertumpuk dapat menyebabkan steker meleleh dan merusak perangkat lain, termasuk pengisi daya. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan korsleting listrik hingga kebakaran.

  1. Bersihkan debu pada iPhone dan port pengisian daya

Debu dan kotoran dapat menyumbat lubang (port) konektor input daya. Bahkan dalam beberapa kasus perangkat yang sangat kotor, iPhone mungkin menolak untuk mengisi daya atau menampilkan peringatan pengisian daya yang tidak tersedia. Oleh karena itu, lakukan pembersihan rutin dan hindari perangkat dari cairan.

  1. Coba pengisi daya atau kabel lain

Cara mengatasi charger iPhone tidak bisa charging selanjutnya adalah dengan mencoba aksesoris charger lainnya. Langkah ini untuk memastikan dan mengetahui perangkat mana yang rusak. Besar kemungkinan kerusakan tersebut berasal dari charger, kabel atau bahkan USB flashdisk HP Apple tersebut.

  1. Perbarui iOS versi terbaru

Lakukan pembaruan perangkat lunak (software) secara berkala. Pembaruan akan meningkatkan kinerja iPhone, lebih stabil dan aman. Termasuk cara memperbaiki masalah pengisian daya iPhone yang tidak mau mengisi daya.

Sumber :