Jika listrik terganggu, pihak pertama yang harus Anda tanyakan penyebabnya adalah PLN. BUMN yang mengurusi masalah kelistrikan di Indonesia ini juga menawarkan layanan pengaduan bagi Anda yang ingin mencurahkan segala keluhannya. Bagaimana Anda melaporkan jenis gangguan ini?
Layanan Pengaduan PLN 123

Inovasi Perusahaan Listrik Negara saat ini semakin memudahkan pelanggan. Anda tidak perlu lagi mengantri di kantor PLN untuk komplain atau gangguan, lho. Dengan kemajuan teknologi, untuk menghubungi PLN Anda hanya perlu memutuskan media yang berbeda. Jangkauan layanan juga bervariasi dan berkisar dari perubahan pasokan listrik ke sambungan baru dan keluhan tentang pemadaman listrik.

Selain itu, layanan pengaduan PLN 123 juga dapat digunakan untuk permintaan penyambungan sementara dan peralihan dari listrik pasca bayar atau prabayar. Pengaduan dari PLN 123 juga beroperasi penuh selama 24 jam, tanpa antrian, sehingga tidak ada calo, mereka merespon dengan cepat dan mengenakan biaya yang relatif rendah.

  1. Telepon untuk pengaduan 123 PLN
    Keluhan Telepon PLN 123
    Keluhan Telepon PLN 123. Sumber gambar: Pixabay.com

Nelpon di PLN merupakan salah satu pilihan termudah dan tercepat, karena Anda akan mendapatkan jawaban dari customer service yang siap membantu Anda 24/7. Anda dapat menggunakan telepon rumah atau smartphone. Pastikan untuk menambahkan kode area rumah Anda. Misalnya, jika Anda tinggal di Surabaya, Anda dapat menambahkan (031) 123.

Setelah menekan nomor tersebut Anda akan dihadapkan pada 3 pilihan yaitu tekan nomor 1 untuk mendapatkan informasi tentang layanan tagihan listrik. Sedangkan nomor 2 untuk pengaduan gangguan atau keluhan yang Anda alami dan nomor 3 untuk layanan penyambungan listrik PLN baru, penyambungan sementara, permintaan perubahan daya dan berbagai layanan lainnya.

Pastikan Anda menekan nomor yang benar sebelum mengajukan pelecehan, oke? Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda memiliki pulsa yang cukup, karena keluhan di atas PLN 123 tidak gratis dan tarif dapat bervariasi tergantung pada operator yang digunakan. Namun, pengaduan melalui call center PLN adalah pilihan terbaik dan tercepat saat Anda berada dalam situasi darurat.

  1. SMS Pengaduan 123 PLN
    Keluhan SMS PLN 123
    Gambar Pengaduan SMS PLN 123 Sumber: Author.ID

Tidak hanya melalui telepon, Anda juga dapat menghubungi pengaduan PLN melalui SMS dengan mengetik INFO kemudian mengirim ke 0838 8888 123. Pengaduan melalui SMS memungkinkan Anda untuk mengirimkan kesalahan serta pengaduan dan informasi lainnya tentang layanan transaksi. Tarif yang berlaku juga disesuaikan dengan operator dan dapat bervariasi.

  1. Pengaduan PLN 123 melalui jejaring sosial
    Pengaduan PLN melalui jejaring sosial
    Pengaduan PLN melalui jejaring sosial. Sumber gambar: Author.ID

Bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan pulsa, Anda dapat menyampaikan keluhan PLN 123 melalui jejaring sosial resmi Facebook yaitu akun PLN 123. Pengaduan juga dapat disampaikan melalui akun Twitter PLN @pln_123. Anda dapat menghubungi keduanya melalui pesan langsung dan mengakses berbagai jenis informasi. Mulai dari perubahan saat ini, informasi pelanggan, reklamasi dan keluhan tentang gangguan dan koneksi sementara.

Setelah menerima pengaduan Anda, PLN biasanya akan memberikan tanggapan berupa nomor identifikasi kesalahan dan jejak kesalahan melalui WhatsApp. Selain itu, layanan ini gratis, sehingga cocok untuk Anda yang sering mengakses jejaring sosial tanpa harus mengeluarkan pulsa.

  1. Pengaduan PLN 123 melalui website dan email
    Keluhan PLN tentang website
    keluhan PLN tentang website. Sumber gambar: Author.ID

Ada cara lain untuk melaporkan pengaduan PLN yaitu dengan mengakses website pln.co.id atau dengan mengirimkan email pengaduan ke alamat [email protected] Anda dapat melaporkan berbagai jenis keluhan, mis. B. transmisi sambungan PLN baru, informasi pelanggan, sambungan sementara, keluhan dan pengaduan gangguan yang Anda alami.

Sumber :